Apa Itu Email Marketing?


Memanfaatkan email untuk mempromosikan sebuah produk atau service disebut dengan email marketing. Definisi yang paling baik adalah menggunakan email untuk mengembangkan hubungan dengan klien potensial. Email marketing adalah bagian dari internet marketing.

Email marketing memungkinkan suatu perusahaan atau bisnis tertentu untuk memberikan informasi kepada pelanggan mereka dan menyesuaikan pesan yang dikirimkan kepada pelanggan.

Email Marketing Dapat Ditarget

Untuk mendapatkan banyak pelanggan dan membangun sebuah list email, Anda bisa menargetkan sesuai dengan pasar yang ingin Anda tuju. Sesuaikan tema bisnis atau informasi yang Anda inginkan dengan calon pelanggan Anda.
Pastikan para pelanggan benar – benar mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan begitu, Anda akan mudah menargetkan kriteria seperti apa yang perlu didapatkan.

Keuntungan Email Marketing

Setidaknya ada 2 keuntungan besar menggunakan email marketing, yaitu harga dan kemudahan. Email adalah cara termurah untuk mengiklankan suatu produk atau layanan lainnya dibandingkan dengan metode marketing yang lain.

Pesan dapat dikirimkan kepada daftar email yang sudah Anda buat dari orang – orang yang menginginkan informasi melalui situs web Anda.

Email Marketing Masih Relevan

Meskipun sosial media saat ini berkembang sangat pesat dan memudahkan setiap orang untuk beriklan, namun penggunaan email marketing masih memiliki peranan penting, menurut study yang dilakukan oleh HostPapa:
  • 94% pengguna internet menggunakan email, sementara hanya 61% menggunakan sosial media.
  • 75% pengguna internet orang dewasa mengatakan bahwa email marketing lebih disukai dalam metode marketing.
  • Fitur form “opt-in” mengizinkan pemasaran sesuai dengan persetujuan.
  • Email marketing memungkinkan target sesuai dengan demografis (umur, pendapatan, dll)
  • Pesan melalui email memiliki jangkauan lebih luas dibandingkan pesan melalui sosial media
  • Email melaporkan lebih banyak laporan dan kemampuan untuk menganalisa, seperti banyaknya jumlah klik, membuka email dan konversi

Keuntungan besar menggunakan email daripada sosial media adalah prospek dan pelanggan lebih cenderung melihat email daripada sosial media. Tidak semua orang ingin melihat postingan yang dibuat. Bahkan, bisa jadi postingan tersebut tidak muncul pada sosial media yang menjadi target Anda. Sedangkan email akan disimpan hingga terbaca oleh pengguna.

Tips Email Marketing
  1. Bangun email list Anda sendiri. 
  2. Mematuhi aturan CAM-SPAM Act.
  3. Jangan hanya mengirim iklan, namun gunakan juga untuk membangun relasi dengan pelanggan.
  4. Perlakukan pelanggan dengan baik.
  5. Menetapkan jadwal tertentu supaya pelanggan mengetahui informasi dari Anda.

Platform Email Marketing

Ada beberapa platform  yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan kebutuhan email marketing. Diantaranya adalah kirim.email getresponse dan.

Kirim.email sendiri merupakan platform yang dibuat oleh orang Indonesia dan termasuk layanan email marketing terbaik di Indonesia. Sedangkan getresponse adalah platform email yang dibuat oleh luar negeri. Kekurangan dari getresponse adalah diharuskan menggunakan paypal atau kredit untuk berlangganan menggunakan getresponse.

Banyak sekali fitur – fitur unggulan yang disediakan oleh kirim.email seperti email builder, landing page builder, integrasi facebook pixel, facebook lead ads sync dan masih banyak yang lainnya. Harga yang diberikan oleh kirim.email inipun sangat terjangakau untuk setiap kalangan.

Informasi lebih lanjut Anda bisa klik melalui lini berikut >> kirim.email << jika ingin berlangganan, gunakan kupon "zeibus" untuk mendapatkan bonus spesial khusus untuk Anda. Selamat mencoba!