Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog Atau Website


Berkembang pesatnya teknologi dan internet di dunia ini memiliki banyak sekali manfaat, termasuk bagi kita yang ingin mengembangkan bisnis di internet. Tidak sedikit orang memanfaatkan perkembangan internet saat ini dengan sangat baik, baik untuk bisnis, pekerjaan, atau yang lainnya. Salah satu peluang usaha yang dapat menghasilkan uang adalah menjadi seorang blogger atau memiliki sebuah blog.

Blog adalah bentuk aplikasi web. Umumnya merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online dan memuat tulisan – tulisan dan gambar pada setiap halaman web. Sudah banyak orang membuktikan dahsyatnya berbisnis menggunakan blog atau website pribadi.

Kesempatan ini bisa menjadi peluang bagi Anda yang juga ingin mengembangkan bisnisnya dengan membuat blog sendiri. Lebih lengkapnya kami akan memberikan contoh bagaimana cara untuk mendapatkan keuntungan serta penghasilan dari blog atau website.

Monetize Iklan dengan CPC atau CPM 

Salah satu cara paling umum bagi seorang blogger untuk menghasilkan uang adalah dengan menempatkan iklan di situs mereka. Setidaknya ada dua jenis tipe ads (iklan):

CPC/PPC Ads: Cost per Click atau biaya iklan per klik biasanya berupa spanduk yang ditempatkan di bagian konten atau di sisi konten. Anda akan dibayar dari setiap orang yang klik iklan di blog Anda.

CPM Ads: atau biaya per 1000 tayangan adalah iklan yang membayar Anda sejumlah uang tetap berdasarkan pada berapa banyak orang yang melihat iklan.

Untuk memasang iklan seperti diatas, seorang blogger biasanya menggunakan program dari Google Adsense. Dimana Google akan memilihkan iklan yang relevan dengan konten blog, ketika pengunjung mengklik iklan, disitulah komisi akan Anda dapatkan. Selain Google Adsense ada juga program lain yang serupa, seperti Chitika, Infolinks, Media.net, dan lain sebagainya.

Menawarkan Iklan Secara Pribadi

Selain monetize iklan seperti penjelasan di atas, Anda juga bisa menawarkan iklan di blog anda secara pribadi kepada orang lain. Apabila pengunjung blog Anda sudah cukup banyak, orang lain bisa menjadi pengiklan di blog Anda. Perbedaanya dari iklan diatas, Anda bisa membuat perjanjian iklan kepada pengiklan itu sendiri.

Penawaran ini bisa dalam bentuk banner, link, atau yang lainnya. Anda juga bisa menghasilkan uang dengan menulis sponsor pada konten tertentu atau membuat review produk kepada pengiklan di blog. 

Bisnis Affliiate Marketing

Affiliate marketing menjadi salah satu pilihan bagi banyak blogger untuk bisa menghasilkan uang melalui blog yang dimiliki. Berikut adalah cara sederhana bagaimana Affiliate Marketing bekerja:

1. Seorang vendor (pemilik produk) ingin menjual produknya. Vendor akan memberikan komisi kepada setiap affiliate apabila terjadi pembelian produk melalui Anda.

2. Vendor akan memberikan sebuah link khusus untuk Anda sebagai tanda bahwa sesorang telah membeli produknya dari kode affiliate Anda. Vendor akan tau ketika pembeli menggunakan link Anda untuk membeli produknya.

3. Untuk memromosikan link yang diberikan vendor, Anda bisa meletakannya pada blog Anda sendiri. Link ini juga bisa dipasang pada banner di blog Anda. Ketika seseorang mengklik link Anda, kemudian terjadi pembelian. Maka anda akan mendapatkan komisi dari vendor.

Jika ingin bergabung dalam bisnis affiliate, anda bisa mengikuti panduan bisnis affiliate dalam ecourse khusus bernama Monster Affiliate. Dalam ecourse itu, Anda akan dibimbing dari nol hingga cara bagaimana cara menghasilkan jutaan rupiah dari Affiliate Marketing.

Menjual Produk Digital

Selain memasang iklan dan bekerja sama dengan orang lain, baik itu affiliate atau yang lainnya. Anda juga bisa menjual produk digital melalui website Anda. Ini bisa menjadi alternatif penghasilan dengan memanfaatkan blog pribadi. Berikut adalah beberapa produk digital yang bisa anda jual di blog Anda:

1. Ebook
2. Online course (kursus online)
3. Video tutorial, gambar, musik
4. Aplikasi, plugin, themes, dll

Apabila anda belum memiliki produk sendiri atau masih kebingungan untuk menjual apa, salah satu solusi lainnya adalah dengan menjual produk PLR.

Pemasaran Konten Bisnis

Blog juga bisa menjadi sarana untuk menjual barang fisik. Misalkan anda memiliki barang dagangan untuk di jual, blog bisa menjadi sarana untuk memasarkan produk anda. Pengunjung yang datang bisa melihat barang apa yang anda tawarkan, kemudian apabila tertarik maka terjadilah penjualan dan ini akan menguntungkan bisnis anda.

Sesuaikan konten blog anda dengan barang yang akan dijual. Anda bisa membangun blog khusus untuk bisnis dimana bisa menjual berbagai macam barang. Baik itu produk, buku, alat elektronik dan lain sebagainya. Atau jika sudah memiliki sebuah bisnis, anda bisa mengkonversikanya melalui blog.

Menawarkan Jasa

Memiliki keahlian tertentu bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda. Supaya mendapatkan pelanggan yang banyak, Anda bisa menawarkanya melalui blog Anda. Misalkan, anda memiliki keahlian dalam mendesain. Tawaran yang Anda berikan pada blog Anda adalah jasa mendesai logo. Selain itu, menulis artikel, SEO, mendesain website, menerjemahkan artikel, dan keahlian lain bisa anda kembangkan dan tawarkan pada blog atau website yang Anda miliki.

Untuk mendatangkan banyak klien atau traffic, anda bisa menuliskan postingan seputar keahlian yang anda miliki. Sehingga pengunjung yang datang tau apa keahlian anda.

Bisnis Dropship

Berbeda dengan afiliasi, dropship adalah sebuah model bisnis untuk menjualkan produk orang lain. Dropship memiliki sistem apabila ada seseorang membeli suatu produk melalui Anda. Selanjutnya, Anda mengirimkan uang tersebut kepada pemilik produk. Lalu, pemilik produk akan mengirimkan barang sesuai dengan pembelian yang diminta.

Produk yang dijual bisa berupa aksesoris, produk kecantikan, mainan, alat – alat rumah tangga dan masih banyak lagi. Untuk lebih memahami bagaimana sistem dropship, Anda bisa membacanya pada artikel ini.