Perbedaan Wordpress dan Blogspot


Banyak sekali orang yang ingin membuat sebuah website atau blog sendiri dengan berbagai alasan. Ada yang ingin membuatnya karena memiliki hobi menulis, ada juga yang ingin bisa menghasilkan uang dari blog atau website tersebut. Karena di era digital sekarang ini, banyak sekali cara bagi siapapun untuk bisa menghasilkan uang melalui internet.

Menjadi seorang blogger, tidak diperlukan skill khusus untuk menjadi sukses. Hal terpenting adalah memiliki konsistensi dalam membuat sebuah konten atau artikel yang bisa menarik pengunjung sehingga tulisan kita bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Sebagian orang masih bingung untuk memilih layanan platform blogging mana yang terbaik, entah itu Wordpress, Blogspot atau lainnya. Kali ini kami akan membahas tentang perbedaan antara dua platform blogging terbesar saat ini, yaitu Wordpress dan Blogspot. Berikut adalah perbedaan dari kedua platform blogging tersebut:

1. Fitur
Fitur dari Blogspot cenderung lebih unggul dari segi penggunaanya. Karena Blogspot lebih user friendly sehingga sangat mudah untuk digunakan terutama bagi pemula. Selain itu, untuk mengedit tata letak, Blogspot memberikan kemudahan dengan fitur drag and drop.
Sedangkan Wordpress cenderung lebih rumit, karena fitur yang diberikan begitu banyak. Sehingga menyulitkan bagi blogger pemula.

2. Membuat Blog
Untuk membuat sebuah akun blog di Blogspot, Anda diharuskan memiliki akun Gmail. Karena Blogspot hanya mengizinkan akun dari Gmail untuk bisa menggunakan layanan dari Blogspot. Satu akun Gmail bisa membuat dan mengelola lebih dari satu Blogspot.
Sedangkan Wordpress bisa menggunakan email apa saja untuk bisa membuat blog di platform tersebut.

3. Pilihan kustomisasi
Dalam hal ini, Wordpress lebih diunggulkan daripada Blogspot. Misalnya untuk menampilkan halaman, bukan isi blog di hompage website sangat mudah dilakukan di Wordpress. Jika ingin membuat website tradisional seperti e-commerce, Wordpress lebih mudah karena adanya static hompage.

Wordpress juga memiliki pilihan lebih banyak dalam hal theme website dan plugin. Selain itu, Wordpress juga memberikan pilihan untuk menggunakan plugins di website. Ini dapat membantu untuk meletakkan fitur di website atau kostumisasi fungsi website dengan cara mudah. Misalnya, seperti menginstal plugin yang dapat membantu untuk menjual produk dan menerima pembayaran jika membuka sebuah toko di website sendiri.

4. Support dan Maintenance 
Kali ini Blogspot lebih unggul dalam hal ini. Karena Blogspot dihosting langsung oleh Google, sehingga sangat sedikit sekali orang yang bisa mengganggu blog atau website ini. Jika Wordpress sangat terbuka karena dapat dikonfigurasi, mengisntal plugin, mengedit kodenya sendiri, dan lain sebagainya. Kelemahan ini adalah segala sesuatu dapat menjadi salah dan mempengaruhi website dari Wordpress itu sendiri.

5. Monetisasi 
Banyak sekali oang yang ingin membuat suatu blog untuk dapat menghasilkan uang dari blog itu sendiri. Menghasilkan uang dari blog bisa melalui Adsense, berjualan, affiliate marketing, dan lain sebagainya. Untuk Wordpress yang hosted tidak mengizinkan memasang Google Adsense. Jadi anda tidak bisa mendapatkan penghasilan dari iklan. 

Namun, anda bisa menghasilkan uang dengan cara lain sepert yang sudah disebutkan tadi. Sedangkan Blogspot karena dimiliki oleh Google sendiri jadi bisa untuk mendapatkan penghasilan melalui adsense atau iklan.

Baca Juga: 7 Tips Untuk Blogger Pemula

Selain perbedaan di atas, berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari Wordpress dan Blogspot:

Kelebihan Wordpress:
  1. Menu navigasi dashboard dan pengaturan yang lengkap
  2. Pilihan tampilan tamplate bagus dan banyak
  3. Widget bawaan lengkap
  4. Terdapat plugin SEO dan akismet lengkap
  5. Tombol navigasi editing post lengkap
Kekurangan Wordpress:
  1. Menu lengkap bisa membuat bingung bagi pemula
  2. Template premium berbayar lumayan mahal
  3. Lama terindeks search engine google
  4. Tidak semua widget dari luar bisa terpasang di Wordpress
  5. Template dari luar tidak bisa dipasang kecuali versi berbayar
Kelebihan Blogspot:
  1. Simpel dan mudah dioperasikan, terutama bagi pemula
  2. Beragam template blog gratis mulai dari yang standart hingga yang beredar di google
  3. Cepat terindeks oleh search engine google
  4. Mudah untuk mendaftar adsense google
  5. Security dan server lebih kuat karena dimiliki oleh google 
Kekurangan Blogspot:
  1. Tampilan template bawaan Blogspot standart
  2. Untuk edit HTML sulit bagi blogger pemula
  3. Dahsboard editing post kurang lengkap
  4. Layoutnya sederhana atau biasa

Itulah perbedaan, kelebihan dan kekurangan dari kedua platform penyedia layanan blog, baik Wordpress maupun Blogspot. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Tergantung bagaimana kebutuhan kita dan bagaimana kita memanfaatkan layanan yang disediakan oleh keduanya dengan baik.